Thursday, September 9, 2010

Mengelola Toko Retail (bagian II)

I. Tata Letak Products Retail
Indonesia Retail menyimpan banyak hal-hal unik , cara menjual, cara melayani pelanggan , memajang products retail dan lain-lain. Begitu pula menjual products retail di toko retail Indonesia memerlukan keahlian tersendiri dan berpengaruh terhadap perilaku customers
membeli suatu barang. Salah satu hal yang mempengaruhi pembeli untuk membeli bukan hanya harga yang murah, kadang harga yang sedikit lebih mahal tetapi dengan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan akan membuat pelanggan setia untuk datang dan membeli di toko retail. Hal  yang tidak kalah penting adalah cara meletakkan products retail. Bagaimana agar barang yang dipajang dapat cepat laku, pelanggan mudah melihat dan penjual dapat mudah menunjukkan letaknya.

Bagaimanakah tip's dan trik akan diuraikan di bawah ini
:
  1. Letakkan barang secara tetap.
    Kebiasaan pembeli adalah mencari barang yang pernah dibeli di tempat sebelumnya pernah dibeli. "Pak, sabun Lux di mana ya? Perasaan saya kemarin diletakkan di sini?"demikian ilustrasi percakapan  dan kebiasaan pembeli.
  2. Letakkan products retail yang sering diiklankan di tempat yang mudah terlihat pembeli.Seperti contoh ilustrasi berikut ini : "Susu Bendera kotak ada Pa?" atau " Shampo Sun Silk ukuran sachet di mana ya?"
  3. Pisahkan satu merk dengan merk yang lain. Misalkan : Indomie dengan Sarimie, Pepsodent dengan Formula dan lain-lain
  4. Pisahkan antara makanan dan minuman , contoh : Wafer Tango, Oreo, Kopi Indocafe, Kopi Luwak dengan sabun-sabun : Lux, Lifebuoy, Rinso, So Klin atau yang mengandung bahan kimia.
  5. Berilah kepercayaan kepada pelanggan untuk mengambil barang-barang sendiri. Tentu saja untuk pengaman letakkan kaca-kaca yang memantulkan perilaku pembeli. Atur agar pembeli nyaman seperti di rumah sendiri, sehingga dapat mengambil barang-barang dengan mudah, semudah mengambil barang di rumah pembeli.
  6. Barang  yang kecil dan mudah terbawa letakkan di dekat kasir. Seperti korek api, rokok, permen, lem.
  7. Siapkan kalkulator agar menambah kepercayaan pembeli 
  8. Menyiapkan kantong-kantong pembungkus seesuai dengan ukuran pembungkus.
  9. Menyiapkan kembalian agar mudah memberikan uang kembali dengan cepat.
  10. Berusaha untuk selalu ramah dengan pembeli
Demikianlah tips dan trik mengelola Toko Retail di Indonesia, agar toko laku dan disukai pelanggan. Pada akhirnya toko akan laku.

    No comments:

    Post a Comment