Sunday, February 20, 2011

All About Susu Kental Manis

Siapa yang tidak mengenal susu, sejak kecil anak-anak sudah diperkenalkan dengan susu, bahkan di Indonesia dikenal slogan “empat sehat lima sempurna” maksud lima sempurna tentu saja susu. Jenis-jenis susu yang tersedia di pasaran juga bermacam-macam, salah satunya adalah susu kental manis. Produk susu kental manis diperoleh dengan cara menghilangkan sebagian air melalui proses evaporasi (penguapan) sehingga diperoleh kepekatan tertentu. Karena tingginya kandungan gula, produk ini dapat digolongkan dengan masa kadaluarsa panjang sebab gula dapat mencegah pertumbuhan mikroba.
Susu memang minuman yang bermanfaat bagi tubuh, sebab mengandung bahan-bahan yang diperlukan tubuh. Seperti yang diutarakan oleh Ida Ruslita Amir, M. Kes dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) sebagai berikut :
"Susu kental manis mengandung banyak kalori karena jumlah kandungan gulanya banyak. Sebaiknya satu atau dua gelas saja per hari," kata pada acara peluncuran Susu Kental Manis Frisian Flag Gold di Jakarta (14/7).
Dalam takaran satu gelas susu kental manis, terdapat 130 kalori. "Susu kental manis sendiri lebih difungsikan sebagai pelengkap saja karena lebih banyak mengandung vitamin dan mineral, sementara kandungan proteinnya sangat sedikit," kata Ida.
Kandungan protein sendiri pada tubuh anak sangat penting, dan mempengaruhi pola minum susu. Apabila orang dewasa dapat minum susu kental manis sebanyak mungkin, tidak bagi anak-anak karena kebutuhan protein anak-anak sekitar 2 gram per kilogram berat badan sehingga perlu dicukupi dari makanan lain selain susu. http://kesehatan.kompas.com
Products retail di Indonesia ini mengandung vitamin dan mineral misalnya fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino dan asam pantotenat. Disamping itu dikenal pula sebagai minuman penguat tulang dan gigi karena kandungan kalsium yang dimilikinya. Tentu kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Seberapa besar manfaat minum susu? Karena memiliki kandungan nutrisi tersebut, maka susu memiliki manfaat yang tidak sedikit, diantaranya:
•Mencegah os dan menjaga tulang tetap kuat. Bagi anak-anak, susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi.
•Menurunkan tekanan darah.
•Mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Susu mampu mengurangi keasaman mulut, merangsang air liur, mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
•Menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan.
•Mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus.
•Mencegah diabetes tipe 2.
•Mempercantik kulit, membuatnya lebih bersinar.
•Membantu agar lebih cepat tidur. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melotonin yang akan membuat tubuh mengantuk.

Saat ini untuk menikmati susu kental manis cukup mudah diperoleh di toko products retail di Indonesia. Kebanyakan menikmati susu adalah dengan cara diminum, di toko Indonesia products retail terdapat merk-merk dan harga-harga yang bervariasi antara lain sebagai berikut :

1. Susu kental manis Bendera dari PT Frisian Flag dengan harga + Rp. 7.000,-,
2. Indomilk Rp. 6.300,- ,
3. Nestle dengan harga Rp. 6.725,-.
4. Ultra Jaya Rp. 7.325,-
5. Eenak dari PT Indofood Sukses Makmur Rp. 6.000,-

Setelah mengetahui manfaat dan mudah mendapatkannya , tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak minum susu bukan?

No comments:

Post a Comment